Kampung One Health: Sosialisasi Bahaya Limbah Plastik Pada Anak-anak Kampung Maribu

OHCC Uncen telah melakukan pelatihan pengurangan limbah plastik, yang dilaksanakan di Aula Kampung Maribu Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura Papua. Kegiatan sosialisasi yang terlaksana pada 26 November 2021 ini, dibuka dengan sesi perkenalan dan doa bersama anak-anak. Acara tersebut dipandu oleh Anike Bowaire dan dihadiri oleh 43 orang peserta, penyuluhan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang bagaimana bahaya dari  sampah plastik.

Pembukaan kegiatan Kampung One Health "Sosialisasi Pengurangan Limbah Plastik" diawali dengan pembagian name tag dan doa bersama anak-anak Kampung Maribu

Kegiatan ini kemuadian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Inriyanti Assa Koordinator OHCC Uncen pada anak-anak Kampung Maribu yang hadir dan ikut berpartisipasi dalam sosialisasi pengurangan limbah plastik.

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan proses penyampaian materi dari Tim OHCC yang bertugas siang itu, pada penjelasan materi yang disampaikan mulai dari apa itu limbah plastik, dampak negatifnya untuk lingkungan, hingga himbauan mengurangi limbah plastik. Kegiatan ini diikuti anak-anak Kampung Maribu dengan antusias dan rasa ingin tauh yang tinggi, hal ini terlihat jelas dari ekspresi wajah mereka saat mengikuti pemaparan materi yang sedang berlangsung.

Penyampaian materi kegiatan Kampung One Health "Sosialisasi Pengurangan Limbah Plastik"

sampah plastik setiap tahunnya bisa menumpuk hingga mencapai lebih dari 2,2 ton limbah. Sifatnya yang sulit terorganisir ini memberikan dampak besar ke lingkungan sekitar mulai dari kerusakan laut, tanah, habitat, hingga menjadi penyebab utama sumber polutan.  Pemahaman akan bahaya tersebut inilah yang menjadi latar belakang OHCC Uncen memberikan penyuluhan ini kepada anak-anak.

Dalam sosialisasi bahaya dari limbah plastik, OHCC Uncen juga mereviuw kembali materi sebelumnya dan memberikan beberapa pertayaan seputaran kegiatan sebelumnya. Pada sesi tanya jawab ini anak-anak secara antusias memberikan jawabannya.

Reviuw ulang materi kegiatan Kampung One Health "fun learning"

Di akhir kegiatan siang itu OHCC memberikan beberapa botol air minum kepada peserta yang hadir dengan tujuan membantu pengurangan limbah plastik. Selain itu, hal ini juga merupakan salah satu dari upaya Tim OHCC Uncen dalam menanamkan kebiasaan cinta lingkungan, pada anak-anak dengan harapan bawah nantinya para generasi penerus ini akan menjadikan ini sebagai sebuah kebiasaan atau juga menjadi budaya bagi mereka kedepannya. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 26 November 2021 diakhiri dengan doa bersama anak-anak, Tim OHCC Uncen yang berpartisipasi siang itu, Dr. Frans Asmuruf, Dr. Inriyanti Assa, Anike Bowaire dan Olivia Sawias.

Pembagian botol minum dalam rangka pengurangan limbah plastik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.