One Health : Eliminasi dan Peta Sebaran Malaria di Distrik Muara Tami Bersama Peserta OHSC Batch 3

One Health Student Club Batch 3 Series 5 dengan tema “One Health: Eliminasi dan Peta Sebaran Malaria di Distrik Muara Tami” dilaksanakan OHCC Uncen di beberapa kampung di Skouw diantaranya Kampung Sea, Mabo dan Yambe. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 24 Juni 2022 siang itu tidak hanya berupa penyampaian materi dari ke tiga pembicara OHSC yang hebat Dr. Hanna Kawulur, M. Si, Herberth Innah, Ph. D dan Helmin Rumbiak, S. Pd., M. Kes melainkan juga pengambilan data eliminasi malaria dengan menggunakn aplikasi ODK.

ODk adalah aplikasi yang sebelumnya dibahas pada pertemuan Series 4, dimana selain melakukan pengisian kusioner melalui ODK, bisa dilakukan proses taging lokasi dalam pengembangan pembuatan peta. Kegiatan yang dilaksanakan pada (24/06/22) tidak hanya disambut baik oleh Kepala Distrik Bapak Reuter Sabarofek, S. STP., M. Si Melainkan juga oleh seluruh masyarakat kampung yang ditujuh, penyambutan tersebut bisa di lihat ketika saat Kepala Distrik menyampaikan pendapatnya.

Menurut Bapak Reuter Sabarofek, S. STP., M. Si melalui kegiatan ini dapat diketahui bagaimana sebaran penyakit malaria di Distrik Skouw terlebih khusus di tiga kampung tersebut, melainkan juga memberi dampak positif kepada masyarakat kampung terutama dalam hal penyebaran malaria. dimana hal ini menjadi sebuah sumber informasi baru, tidak hanya warga melainkan juga bagi para petugas kesehatan dan semua badan pelayan masyarakat, dengan harapan bahwa ketika pelayanan masyarakat ataupun warga mengetahui penyebaran malaria, mereka dapat melakukan tindakan tepat dalam mengeliminasi malaria.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Skouw Bapak Hein Yophi Olua, dalam penyampaian singkatnya Bapa Hein mengatakan bahwa eliminasi malaria ini sudah menjadi tranding topic dan hal yang sering dibahas ketika rapat dengan Dinas Kesehatan, dalam beberapa waktu lalu. Hanya saja untuk mengambil tindakan tepat mengeliminasi malaria, mereka perlu mengetahui bagaimana penyebarannya, sehingga hal ini menjadi PR bagi para pelayan masyakarat. Namun melalui program ini, mengetahui bagaimana malaria menyebar bukan hal yang sulit lagi, bagi para pelayan masyarakat khususnya mereka yang berprofesi sebagai petugas kesehatan, melalui kegiatan OHSC ini mereka dapat melihat penyebaran malaria langsung pada peta sebarannya.

Setelah beberapa sambutan dari kepala Distrik Muara Tami, kepala puskesmas Skouw dan Ketua OHCC Uncen Dr. Inriyanti Assa yang mana saat itu juga turut hadir. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan beberapa pembekalan materi mengenai aplikasi ODK, penyebaran dan eliminasi malaria. di akhir pembekalan anak-anak peserta OHSC Batch 3, diarahkan langsung ke kelompok masing-masing sesuai dan langsung turun ke Kampung Skouw Mabo, Sae dan Yambe.

Peserta OHSC yang hadir pada siang itu, kemudian mulai menyebar ke rumah-rumah warga di kampung masing-masing guna mengambil data penyebaran malaria sekaligus dengan pengambilan titik koordinat untuk pembuatan peta sebaran malaria, walaupun di tengah cuaca yang panas anak-anak OHSC Batch 3 tetap semangat melaksanakan kegiatan sesuai dengan prosedur kerja yang telah diajarkan pada mereka. Hal ini bisa dilihat pada saat mereka mengumpulkan data sambil bercerita dengan warga sekitar. Selain pengumpulan data malaria mereka juga mengambil beberapa video kegiatan di ketiga kampung tersebut.

Video yang diambil di Kampung Skouw Mabo, Sae dan Yambe ini adalah salah satu dari Project para peserta OHSC Batch 3 di Series ke 5. Project ini akan diedit sebagus mungkin oleh kelompok masing-masing dan diantara video tersebut panitia OHCC Uncen akan memilih mana yang terbaik untuk ditayangkan di Stasiun TVRI Papua, sebagai bentuk publikasi dari kegiatan OHSC Batch 3 Series 5. Para peserta yang vidionya terpilih akan diberikan beberapa cendera mata dari kegiatan ini. Dengan lomba kecil yang diadakan ini, semakin menambah para peserta OHSC dalam mengumpulkan data dan pengambilan video.

Diakhir kegiatan OHSC Series 5, seluruh peserta One Health Student Club yang berpartisipasi pada saat itu diajak melakukan tour bersama di daerah perbatasan antara negara Indonesia dan Papua New Guniea. Aktivitas tour ini sangat di nikmati mereka sembari melepaskan lelah setelah pengumpulan data penyebaran malaria dan tagging lokasi di kampung masing-masing.

Kegiatan OHSC Batch 3 Series 5 yang dilaksanakan di Distrik Muara Tami ini tidak hanya melibatkan peserta OHSC tahun ini melainkan juga peserta OHSC Batch 1 dan Batch 2 serta dua mahasiswa FKM tingkat akhir yang sedang mengerjakan Scribsi dengan judul yang sama dari Series 5. Dimana kegiatan akan dilanjutakan oleh mereka sampai pada tahap pencetakan peta sebaran malaria.

Sejumlah peserta tahun lalu yang berpartisipasi di kegiatan itu ialah I Dewa G. A. Subratha, SKM, Inesita Sawias, Rahel Krimadi mahasiswa dari Sekolah Tinggi Theolgy di Jayapura Papua. Kedua mahasiswa FKM tingkat akhir Rahel Bosawer dan Novita. OHSC Series 5 ini merupakan salah satu program OHSC Batch 3 di tahun 2022 yang telah lama dipersiapkan staff OHCC. Lanjutan Program OHSC Batch 4 akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Staff yang bertugas siang itu ialah Widyawati Ratnasariani, Olivia Sawias, dan Enrico Maher William Detu selaku kameramen pada One Health Student Club Batch 3 Series 5 di Distrik Muara Tami…..

Sejumlah peserta tahun - tahun sebelumnya ikut mengambil bagian serta berpartisipasi di kegiatan itu ialah I Dewa G. A. Subratha, SKM, Inesita Sawias, Rahel Krimadi mahasiswa dari Sekolah Tinggi Theolgy di Jayapura Papua. Kedua mahasiswa FKM tingkat akhir Rahel Bosawer dan Novita. OHSC Series 5 ini merupakan salah satu program OHSC Batch 3 di tahun 2022 yang telah lama dipersiapkan staff OHCC. Untuk kegiatan berikut dijadwalkan akan dilaksanakan di bulan Juli tahun 2022, di acara selanjutnya yang sekaligus kegiatan terakhir akan menjadi penutup seluruh rangkaian program OHSC Batch 3 di tahun ini.

Staff yang bertugas siang itu ialah Widyawati Ratnasariani, Olivia Sawias, dan Enrico Maher William Detu selaku kameramen pada One Health Student Club Batch 3 Series 5 di Distrik Muara Tami…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.